Tips Mencuci Mobil yang Benar Untuk Perawatan Maksimal

Ketika Anda baru membeli mobil dengan cicilan mobil bekas mobil Bandung, maka merawatnya adalah suatu kewajiban. Bukan hanya perawatan mesin saja, tetapi juga kebersihannya. Apalagi untuk Anda yang sering menggunakan mobil tersebut keliling Bandung, pasti akan sangat membuat tidak PD jika tampilan mobil terlihat kotor.

Agar tampilan mobil selalu terjaga, Anda harus selalu mencucinya dengan cara yang benar, yaitu:

1.      Gunakan Air Bersih Untuk Membasahi Mobil

Langkah awal yang harus dilakukan yaitu membasahi semua bodi mobil. Pastikan Anda menggunakan air bersih agar cat mobil terjaga dan tidak berisiko munculnya karat.Anda bisa menggunakan semprotan air khusus untuk mencuci mobil dengan mengatur tekanannya agar tidak terlalu ringan maupun kuat.

2.      Gunakan Sabun Khusus Untuk Mencuci Mobil

Setelah menyelesaikan tahapan membersihkan mobil dengan menggunakan air bersih, maka tahap selanjutnya adalah menyabuni mobil. Banyak orang yang menggunakan sabun mandi, sabun pencuci piring, shampo, atau cairan pembersih lainnya. Padahal semua cairan tersebut tidak baik untuk cat mobil Anda. Sebaiknya Anda selalu menggunakan cairan atau sabun untuk mobil yang sudah diformulasikan khusus untuk menjaga keawetan cat mobil.

3.      Lakukan Gerakan Atas Bawah

Cara yang paling efektif untuk membersihkan body mobil adalah dengan memulainya dari bagian atas, kemudian bersihkan bagian bawah. Cara ini akan lebih cepat dan efektif dalam mengatasi kotoran yang menempel pada mobil. Selain itu mencuci bagian ataas dulu dapat mengurangi risiko cat mobil tergores. Sebab, bagian bawah mobil umumnya akan lebih kotor dengan berbagai hal seperti debu, kerikil, lumpur, dan sebagainya yang berpotensi merusak cat mobil.

4.      Keringkan Mobil

Setelah mobil berhasil dibersihkan, maka Anda perlu membilasnya terlebih dahulu. Lakukan pembilasan secara menyeluruh dengan menggunakan lap khusus untuk mobil. Pastikan seluruh permukaan mobil sudah kering dengan sempurna karena dapat menimbulkan bercak pada mobil. Jika hal ini berlangsung terus, maka semakin lama warna cat mobil akan semakin tidak menarik akibat banyaknya bercak.

Demikianlah tips mencuci mobil yang benar dan bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat!

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published.