Tak Hanya Air Putih, Konsumsi Makanan Ini Agar Tubuh Tidak Dehidrasi

Jangan tunggu sakit, pemeriksaan medical check up lengkap sebaiknya dilakukan minimal setahun sekali untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda. Tak cukup dengan medical check up saja, supaya kondisi badan Anda baik dan terhindar dari sakit, tentunya harus diiringi dengan pola hidup yang sehat, seperti berolahraga, mengkonsumsi makanan yang bergizi serta mencukupi kebutuhan air pada tubuh Anda. Jangan salah, tubuh memerlukan sekitar 2.7-3.7 liter air dalam sehari. Jika kurang, tubuh akan mengalami dehidrasi dan bisa menimbulkan beberapa penyakit seperti, kelelahan, pusing, kram otot serta masalah kulit.

Umumnya kita tahu bahwa kebutuhan air pada tubuh didapatkan dari air putih saja. Tapi ternyata tidak. Makanan pun juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh sekitar 20%, lho. Untuk itu kami sudah merangkum informasi makanan apa saja yang bisa memenuhi asupan cairan tubuh kamu, yuk disimak.

 

1. Buah Dengan Kandungan Air Yang Tinggi

Mengonsumsi buah memang sehat, namun ternyata setiap buah memiliki kadar air yang tidak sama. Supaya tubuh Anda terhidrasi dengan baik, pastikan untuk mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan air yang tinggi. Anda bisa memilih cara yang asik untuk mengkonsumsinya, bisa dimakan secara langsung, dipotong-potong, atau diolah dalam bentuk jus. Beberapa buah yang memiliki kandungan air yang tinggi adalah semangka, belimbing, jeruk bali merah, stroberi, dan bengkuang.

 

2. Sayur Dengan Kandungan Air Yang Tinggi

Tak hanya kaya akan vitamin, beberapa sayuran juga mengandung kadar air yang tinggi. Konsumsi sayuran tersebut bisa menjadi cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian Anda. Salah satunya adalah timun. Sayuran satu ini sering dikonsumsi sebagai lalapan atau rujak memiliki kadar air tertinggi sebesar 97%. Ada juga selada yang kadar airnya mencapai 96%. Jika mau mencoba sayuran yang bisa dibuat jus, Anda bisa mencoba tomat.

 

3. Air Kelapa

Alternatif lain untuk melengkapi kebutuhan cairan harian Anda adalah dengan mengkonsumsi air kelapa. Tak hanya karena kandungan airnya yang tinggi, air kelapa kaya akan elektrolit, termasuk kalium, natrium, dan klorida. Elektrolit ini bisa sangat ampuh dalam mengembalikan cairan tubuh Anda, apalagi jika dikonsumsi setelah berolahraga.

 

4. Infused Water

Cara asik untuk menambah asupan cairan tubuh Anda bisa juga dengan menambahkan potongan buah ke dalam air putih. Minuman ini disebut dengan infused water. Cara ini dapat membantu Anda memberikan rasa segar pada air putih Anda. Eits, tapi tidak semua buah bisa digunakan untuk campuran ini, lho. Anda bisa menggunakan irisan buah lemon, stroberi, jeruk limau, atau bisa juga menambahkan mentimun.

 

Meski kebutuhan cairan tubuh bisa didapat dari makanan, Anda tetap harus minum air putih agar terhindar dari dehidrasi, ya. Pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda! Memiliki tubuh yang selalu terhidrasi memberikan manfaat yang berlimpah, salah satunya kesehatan jantung Anda akan terjaga.

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published.