Menteri Teten Gembleng Koperasi Tandingi Badan Usaha

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menggembleng koperasi yang berkonsep kepemilikan bersama untuk tidak kalah dengan badan usaha. Dia menilai keunggulan koperasi dibanding badan usaha yakni anggota merupakan pemilik koperasi, di mana anggota wajib berpartisipasi dalam penyertaan modal dan membuat keputusan. Anggota juga sebagai pengguna barang/jasa, di mana anggota koperasi wajib memanfaatkan fasilitas, layanan, barang, maupun jasa yang disediakan koperasi.

"Bahkan, anggota juga sebagai pengawas, di mana anggota wajib berpartisipasi dalam pengawasan koperasi," jelas Teten dalam acara “Forum Partisipasi Anggota Prioritas Koperasi BMI secara online, Senin (12/10/2020). "Di mana ragam keputusan berada di tangan anggota koperasi yang diambil secara demokratis demi mencapai pembagian keuntungan yang adil sesuai dengan partisipasi dan kontribusinya," ulas dia. Bagi Teten, koperasi merupakan salah satu lembaga ekonomi pertama di Indonesia yang dibentuk para pendiri bangsa dengan tujuan sebagai salah satu pilar ekonomi Indonesia. Menurutnya, partisipasi anggota koperasi menjadi sangat penting dalam hal pengambilan keputusan, penyertaan modal, pemanfaatan pelayanan, dan partisipasi besaran pembelian atau penjualan barang maupun jasa.

"Bentuk partisipasi lainnya adalah dalam pengawasan koperasi. Yaitu, dalam menyampaikan kritik, tata cara penyampaian kritik, ikut serta melakukan pengawasan jalannya organisasi dan usaha koperasi," imbuh Menkop. Untuk itu, Teten berharap agar partisipasi anggota koperasi terus ditingkatkan. Hal itu dapat dilakukan melalui penanaman kesadaran diri terhadap anggota, pengurus, pengelola, dan pengawas, terhadap upaya capaian tujuan usaha koperasi secara bersama.

"Itu haruslah dipahami sebagai kebutuhan dan tujuan bersama," tegas Menkop. Seluruh anggota koperasi dalam perencanaan usaha dan proses pengambilan keputusan, juga merupakan cara untuk meningkatkan partisipasi anggota koperasi. Lebih dari itu, pengurus juga harus menyampaikan secara utuh perencanaan usaha hingga anggota dapat memahami, menyadari, dan ikut bertanggung jawab atas upaya pencapaian tujuan usaha.

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *