Mengetahui Perawatan Sistem Alarm Kebakaran pada Gedung

Melakukan perawatan terhadap sistem alarm gedung seperti dari Secom yang kualitasnya terjamin dan canggih ternyata sangat diperlukan. Alasannya beragam, dan hal ini dilakukan oleh setiap pemilik gedung yang menggunakan sistem alarm tersebut. Meskipun penting, ternyata masih banyak yang belum mengetahui apa saja perawatan yang perlu dilakukan.

 

Pentingnya Perawatan pada Sistem Alarm Kebakaran

Sistem secanggih apapun memang pada dasarnya perlu perawatan yang dilakukan secara berkala. Hal ini berlaku juga untuk sistem alarm kebakaran yang paling canggih sekali pun, apalagi sistem yang sifatnya masih konvensional. Perawatan dilakukan untuk memastikan seluruh komponen sistem berfungsi dengan baik dan dalam kondisi yang baik juga.

 

Selain itu, perawatan bisa memastikan sistem keamanan kebakaran tetap berfungsi dengan baik. Yakni mendeteksi adanya bahaya kebakaran di area yang terpasang sistem untuk meminimalkan resiko kerugian. Tanpa perawatan berkala, sistem bisa usang dan tidak berfungsi dengan baik. Bagaimana jika gedung dan seluruh isinya habis terbakar api? Anda tentu tidak menginginkannya.

 

Bentuk Perawatan yang Bisa Diberikan

Perawatan terhadap sistem alarm kebakaran dilakukan secara berkala. Bentuk perawatannya mencakup uji sensor alarm kebakaran, uji suara alarm kebakaran, mengatur sensitivitas alarm, dan pemeriksaan korosi (karat) pada baterai. Secara umum standar perawatan ini dilakukan per lima tahun sekali dan berikut adalah detail penjelasannya:

 

  • Perawatan di Bawah Lima Tahun

Sistem alarm kebakaran yang berumur kurang dari 5 tahun bisa dilakukan perawatan dengan inspeksi rutin atau pemeriksaan instalasi secara rutin. Tujuannya untuk memastikan instalasi sistem sudah baik dan benar sehingga sistem berfungsi dengan baik. Jika perawatan ini diabaikan dan kebetulan instalasi keliru, maka sistem bisa gagal menjalankan fungsinya.

 

  • Perawatan Sepuluh Tahun

Sistem alarm kebakaran yang sudah berumur 10 tahun biasanya menunjukan sejumlah gejala. Seperti fluktuasi atau naik turunnya suhu, kelembaban, dan juga tegangan. Maka pengecekan terhadap aspek-aspek tersebut perlu dilakukan berkala agar sistem berfungsi dengan baik.

 

  • Perawatan Sepuluh Sampai Lima Belas Tahun

Pada usia 10-15 tahun  maka sistem alarm kebakaran sudah tergolong sistem yang tua. Sehingga pengecekan terhadap seluruh komponen dan aspek-aspek pada poin kedua yang dijelaskan sebelumnya perlu lebih sering dilakukan. Sebab bisa terjadi penurunan kualitas dan kinerja, pengecekan berkala meminimalkan resiko tersebut.

 

  • Perawatan Lima Belas Tahun

Jika sistem alarm kebakaran sudah berumur 15 tahun maka biasanya kondisinya sudah buruk. Beberapa komponen mungkin rusak, berkarat, dan juga mengalami penurunan sensitivitas. Penggantian beberapa komponen dan pemeriksaan menyeluruh oleh teknisi ahli sangat diperlukan.

 

  • Perawatan Dua Puluh Tahun

Khusus untuk alarm kebakaran yang umurnya sudah 20 tahun, maka disarankan untuk diganti dengan yang baru. Sebab di umur ini biasanya sistem sudah tidak berfungsi dengan baik. Konsultasikan dengan ahlinya agar penggantian bisa efisien.

 

Perawatan berkala sangat diperlukan untuk membantu memastikan sistem tetap dalam kondisi baik dan berfungsi dengan benar. Idealnya perawatan dilakukan oleh teknisi ahli yang memang memahami sistem alarm tersebut dengan baik. Sehingga bisa memberikan perawatan terbaik sesuai standar yang berlaku.

 

 

 

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published.