Lezatnya Soto Padang dan Dagingnya yang Renyah

Lezatnya soto Padang dan rasanya yang segar menjadi salah satu andalan makanan khas Indonesia di Ibu Kota Sumatera Barat. Soto merupakan makanan yang ada di hampir seluruh wilayah Indonesia dengan ciri khasnya masing-masing. 

 

Kuah soto yang segar akan terasa nikmat saat dihidangkan panas-panas. Kuah soto Padang yang nikmat dan gurih berasal dari kaldu daging. 

 

Umumnya soto Padang dapat ditemui di beberapa restoran Padang. Namun, ada pula rumah makan atau warung yang hanya menjual soto. 

 

Untuk menambah cita rasa yang lebih nikmat dapat ditambahkan sambal, kecap dan kucuran air jeruk nipis. Kuah soto yang panas mampu menghangatkan badan terutama saat di musim dingin  ataupun pada pagi dan malam hari.

 

Lezatnya Soto Padang yang Segar dan Nikmat Khas Masakan Indonesia

Lezatnya soto Padang wajib dicoba oleh Anda untuk memperkaya cita rasa kuliner soto Nusantara. Soto khas Padang ini jika dilihat sekilas mirip dengan soto pada umumnya. Namun sebenarnya ada ciri khas dari soto Padang ini yaitu adanya daging sapi kering. Meskipun daging sapi digoreng kering, tetapi terasa renyah saat digigit. Biasanya daging sapi pada soto pada umumnya cukup direbus dan dipotong kecil. 

 

Daging sapi dipotong kecil-kecil dan dibuat dendeng terlebih dahulu baru digoreng hingga kering. Daging sapi kering yang dicampurkan ke dalam kuah soto akan terasa garing dan kriuk seperti kerupuk. 

 

Daging ini disebut sebagai gomok. Inilah yang membuat cita rasa dan ciri khas soto Padang. 

 

Ciri khas lainnya yang ada dalam soto Padang adalah penggunaan bumbu rempahnya. 

 

Soto Padang menggunakan rempah bunga lawang atau buah pekak sehingga aroma dan rasanya sangat khas. Selain itu, terdapat perpaduan bumbu lainnya seperti lengkuas, kapulaga, serai, daun jeruk purut, jahe, kemiri, bawang merah dan bawang putih.  

 

Jika biasanya perkedel dihidangkan terpisah dari soto, tetapi pada soto Padang diiris dan dicampur di dalam kuah. Lezatnya soto Padang akan lebih terasa dengan campuran soun, taburan bawang goreng dan daun bawang. Rasanya sangat kaya dengan rempah dan gurihnya kaldu daging.

 

Biasanya  soto Padang menggunakan daging sapi kering atau gomok. Tetapi pada perkembangannya, ada soto Padang yang memakai daging ayam. Ini sesuai dengan keinginan pelanggan yang tidak suka daging sapi. Daging ayam disuwir-suwir dan dijadikan toping. 

 

Kuah soto Padang bening dengan aroma rempah yang sangat kuat akan membuat Anda terlena. Soto ini dapat disajikan bersama nasi putih agar lebih kenyang. Kerupuk berwarna merah muda dan ditaburkan di atas soto membuat makan menjadi lebih meriah. Kerupuk yang digunakan juga berbeda karena memakai bahan tepung beras.

 

Jika dilihat dari komposisinya, maka soto Padang memiliki nutrisi yang lengkap. Dengan menyantap semangkuk soto Padang di pagi hari, sudah dapat memenuhi gizi untuk sehari. Nutrisi yang lengkap akan memberi energi untuk beraktivitas seharian. 

 

Anda yang berkunjung ke Padang dapat mencoba kuliner menyegarkan tersebut di Soto Baroda yang sangat direkomendasikan banyak orang. Berada di pinggir Jalan Sudirman, tempat ini sangat ramai pembeli. 

 

Di sini, Anda dapat memilih daging sapi kering atau daging sapi basah sesuai keinginan. Ada pula disediakan daging ayam. Untuk menambah rasa nikmat dapat ditemani dengan kerupuk jangek.

 

Masakan khas Indonesia daerah Padang, memang terkenal kelezatan dan bumbu rempah yang kuat. Tidak hanya rendang dan sate Padang saja yang dapat menggoyang lidah, tetapi sotonya pun tak kalah enaknya. Nah, Anda yang berkunjung ke Padang, jangan lewatkan kesegaran dan lezatnya soto Padang, ya. Semoga bermanfaat.

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *