Apa yang Terjadi Kalau Knalpot Mobil Bocor? Ini Dia Jawabannya!

Tidak sedikit pemilik mobil yang sering menyepelekan masalah-masalah kecil pada kendaraannya. Misalnya saja indikasi knalpot mobil bocor, yang akan dibiarkan berhubung komponen tersebut sekadar saluran pembuangan. Memang Anda bisa dengan mudah menemukan bengkel di kota Surabaya sehingga mobil yang dulu Anda beli melalui kredit mobil bekas di Surabaya bisa tertangani ketika bermasalah di jalan. Namun, tahukah Anda bahwa dampak bocornya knalpot bisa sangat besar?

  1. Performa kendaraan menurun.

Dampak knalpot bocor yang paling bisa dirasakan secara langsung adalah performa mesin yang menurun karena tenaga yang berkurang jauh. Walaupun mesin mobil dalam kondisi 100%, dampaknya tetap akan terasa. Sebab, adanya kebocoran pada knalpot membuat Anda jadi harus menekan pedal gas lebih dalam agar tenaga yang dihasilkan mesin jadi lebih maksimal.

  1. Boros bahan bakar.

Dampak berikutnya yang bisa terjadi karena adanya kebocoran pada knalpot adalah konsumsi bahan bakar yang jadi lebih boros daripada seharusnya. Hal ini juga berkaitan dengan dampak pertama yang sudah dijelaskan di atas. Karena Anda jadi harus menginjak pedal gas lebih dalam, mau tak mau jumlah bahan bakar yang terpakai juga jadi lebih besar.

  1. Bau asap knalpot di dalam kabin mobil.

Rupanya, knalpot bocor atau retak juga bisa menyebabkan polusi udara di dalam kabin kendaraan, lho! Soalnya, asap knalpot yang seharusnya keluar lewat lubang knalpot di bagian belakang jadi keluar lewat bagian knalpot bocor atau retak, yang biasanya bisa Anda temukan pada bagian depan atau tengah. Kondisi ini tentu bisa mengganggu kenyamanan Anda dan penumpang selama berkendara. Bahkan, asap knalpot di dalam kabin membahayakan kesehatan, lho!

  1. Muncul suara tak wajar dari knalpot.

Dampak lain dari knalpot mobil bocor yang juga perlu diperhatikan adalah munculnya suara yang tidak wajar dari knalpot kendaraan. Misalnya suara yang terdengar jadi lebih berisik, atau ada suara mendesis yang keluar dari knalpot. Suara desisan tersebut bisa terdengar dari bagian knalpot yang bocor atau retak, baik itu di bagian depan maupun tengah. Apabila Anda diamkan begitu saja, tentu saja suara tersebut akan mengganggu, kan?

Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil Anda perlu rutin mengecek kondisi knalpot tanpa memandang usia mobil yang sekarang Anda punya. Anda bisa lakukan pengecekan ini saat servis rutin di bengkel. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat, ya.

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published.