6 Tanda yang bakal Terasa pada Tubuhmu jika berlebihan saat Berolahraga

Berolahraga merupakan sebuah cara yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Sejumlah jenis olahraga yang kamu lakukan bisa memiliki manfaat yang berbeda untuk tubuhmu.

Seseorang biasanya berolahraga lebih keras untuk meraih sejumlah hal. Misalnya untuk menurunkan berat badan atau juga berlatih untuk tujuan kompetisi dan kebugaran.

Walau berolahraga memiliki manfaat kesehatan, namun melakukannya secara berlebihan bisa berdampak buruk bagi tubuh. Dampak yang muncul bisa jauh lebih berbahaya dibanding jika kamu tidak berolahraga.

Sebelum terjadinya olahraga berlebihan ini, kamu perlu untuk mengetahui sejumlah tanda jika melakukannya secara berlebihan. Dilansir dari Brightside, berikut sejumlah tanda yang bakal terasa pada tubuhmu jika berlebihan saat berolahraga.

  1. Performa Menurun

Performa olahraga yang tiba-tiba menurun bisa jadi tanda adanya hal yang tak beres. Ketika kamu olahraga berlebih, kamu bakal merasa lelah dan kehilangan daya tahan. Hal ini bisa membuat performa olahragamu menurun dan kamu merasa tubuhmu tak dapat bekerja seperti biasanya.

     2. Rasa Lelah yang Muncul Bertahan Lebih Lama

Munculnya rasa nyeri dan lelah akibat olahraga bisa terjadi ketika kamu baru mulai berolahrga atau mencoba jenis olahraga baru. Namun jika kamu melakukan sesuai rutinitasmu dan rasa lelah ini muncul, maka ini bisa menjadi tanda bahwa kamu sudah berolahraga secara berlebihan.

    3. Hilangnya Motivasi

Hilangnya motivasi secara mendadak ketika berolahraga bisa menjadi tanda ketika kamu berlebihan berolahraga. Kurangnya motivasi ini juga bisa berujung depresi dan bisa berdampak lebih buruk pada dirimu.

   4. Sering Sakit

Olahraga seharusnya membuatmu menjadi sehat dan bugar. Namun ketika kamu menjadi sakit dan hal ini kerap terjadi, maka bisa jadi tanda bahwa kamu berolahraga secara berlebihan. Jika hal ini kerap terjadi, sebaiknya perhatikan lagi olahraga yang kamu lakukan agar masalah ini tidak terulang.

    5. Otot Menjadi Lembek

Jika kamu berolahraga secara berlebih dan tak cukup istirahat, maka tubuhmu bakal kehilangan kesempatan untuk membangun ulang otot menjadi lebih kuat. Hal ini bisa membuatmu kehilangan lebih banyak otot dan pada beberapa kasus bahkan memunculkan cedera.

    6. Sulit Tidur

Olahraga secara berlebih bisa menyebabkan tingginya produksi hormon stres. Hal ini bisa membuatmu sulit tidur. Padahal kamu butuh tidur agar tubuh bisa pulih dan otot berkembang. Hal ini juga bisa berujung pada terjadinya cedera pada dirimu.

Sejumlah hal itu bisa menjadi tanda ketika kamu berlebihan dalam berolahraga. Jika hal tersebut terjadi pada dirimu, sebaiknya segera kurangi durasi olahraga yang kamu lakukan.

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *