5 Tips Mencegah Munculnya Debu di Rumah

Kondisi berdiam dalam waktu lama di dalam rumah bisa mengakibatkan berbagai perubahan pada tubuh kita. Hal ini kadang bahkan bisa memunculkan terjadinya alergi.

Secara khusus, lama di rumah bisa membuat kamu mengalami alergi debu secara tiba-tiba. Hal ini tentu bisa sangat mengganggu aktivitasmu sehari-hari.

Sedikit paparan debu yang terjadi ini bisa memunculkan berbagai dampak pada diri kita. Efek berupa batuk, bersin, bahkan munculnya sesak napas merupakan tanda dari terjadinya alergi debu ini.

Terdapat berbagai hal yang bisa menyebabkan munculnya alergi debu secara tiba-tiba ini. Kondisi kebersihan yang terjadi di rumah juga sangat mungkin menjadi penyebab alergi yang dialami ini. Dilansir dari Boldsky, berikut cara praktis untuk mencegah munculnya debu di rumah.

Bersihkan AC

Bersihkan AC atau celah-celah kipas angin kamu secara teratur. Dua hal ini merupakan penyebar debu yang paling umum muncul di rumah, sehingga perlu dibersihkan secara rutin untuk mencegah munculnya alergi debu pada seseorang.

Bersihkan Karpet

Karpet adalah magnet untuk debu. Debu selalu berkumpul di permukaan dan di bawah karpet. Untuk menghindari penyebaran alergi debu melalui karpet, bersihkan karpet setiap hari.

Pastikan Kamar Tidur Tidak Lembap

Pastikan kamar tidur kamu tidak berada di ruang bawah tanah atau di tempat yang lembap. Ruangan yang tidak lembap dan memiliki ventilasi yang baik membuat sinar matahari bisa masuk. Sinar matahari bisa membunuh kuman dan bakteri. Jadi, pastikan kamar kamu memiliki ventilasi udara yang baik.

Rajin Mencuci Tirai

Jika kamu rentan terhadap alergi debu, kamu harus rajin mencuci tirai. Pastikan kamu mencuci gorden dengan air hangat sekali dalam seminggu untuk menjaga lingkungan tetap segar.

Ganti Seprai dan Sarung Bantal

Orang yang alergi terhadap debu harus selalu membersihkan kasur secara teratur. Ganti sprei setidaknya sekali setiap minggu. Biasakan untuk menjemur kasur dan bantal di bawah sinar matahari untuk membunuh bakteri dan menghilangkan partikel debu.

Kondisi alergi ini bisa memunculkan rasa yang sangat mengganggu dan menghalangi aktivitasmu. Pastikan untuk melakukan sejumlah cara ini agar terhindar dari terjadinya alergi debu.

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *