3 Dampak Kesehatan yang bisa muncul dari Olahraga Terhadap Payudara

Olahraga merupakan salah satu hal yang bisa berdampak pada berbagai hal di dalam tubuh kita. Hal ini terutama terhadap kesehatan dan kebugaran tubuh.

Pada wanita, olahraga yang dilakukan bisa berhubungan dengan kondisi payudara miliknya. Olahraga ini bisa mengecilkan maupun mengencangkan payudara wanita.

Hubungan ini bisa terjadi karena payudara biasanya terbentuk dari jaringan lemak. Hal ini menyebabkan olahraga bisa membuat otot di sekitar payudara menjadi kencang sehingga tampak lebih kecil dan rapat.

Ukuran payudara ini sangat tergantung dengan banyaknya lemak yang terdapat di bagian dada. Dilansir dari Livestrong, berikut tiga dampak yang bisa muncul dari olahraga terhadap payudara wanita.

Berkurangnya Lemak di Payudara

Payudara wanita terdiri dari sejumlah jaringan lemak dengan kelenjar susu. Secara genetik, sebagian wanita cenderung memiliki banyak lemak di payudara sedangkan beberapa lainnya memiliki jumlah yang sedikit.

Berat badan yang dimiliki juga bisa mempengaruhi ukuran payudara. Jika kamu melakukan olahraga kardio untuk mengurangi lemak, hal ini bisa menyebabkan berkurangnya ukuran payudara.

Berkurang tidanya ukuran payudara dengan berolahraga ini bisa berbeda-beda pada tiap wanita. Ada yang ukuran payudaranya mengecil lebih dahulu namun ada juga yang mengalaminya di bagian tubuh lain terlebih dahulu. Hal ini bisa sangat tergantung dari genetik maupun jenis olahraga yang kamu lakukan.

Meningkatnya Otot di Bagian Dada

Ketika kamu melakukan jenis olahraga tertentu terutama yang melatih otot dada, otot di bagian tersebut akan semakin membesar. Hal ini membuat dada tampak lebih kencang dan membusung.

Namun latihan yang dilakukan ini tidak mengubah ukuran payudara yang sudah dimiliki. Hal ini hanya membuat ukuran payudara menjadi tampak lebih besar dan kencang.

Menyehatkan Payudara

Olahraga juga bisa memiliki dampak yang menyehatkan terhadap payudara wanita. Penelitian pada tahun 2009 mengungkap bahwa olahraga dan aktivitas fisik memiliki manfaat dalam pencegahan dan rehabilitasi kanker payudara.

Olahraga juga bisa menjaga kesehatan kardiovaskular, pernapasan, serta kekebalan tubuh wanita. Secara mental, olahraga juga bisa membuat wanita merasa memiliki kontrol yang lebih besar terhadap tubuhnya serta memiliki kondisi mental yang lebih sehat.

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *